A. Latar Belakang
Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan
emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari
semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik
mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan
perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut, dan
menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam
dirinya.
Pembelajaran bahasa Indonesia
diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam
bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta
menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia.
Standar kompetensi mata
pelajaran Bahasa Indonesia merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta
didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap
positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia. Standar kompetensi ini merupakan
dasar bagi peserta didik untuk memahami
dan merespon situasi lokal, regional, nasional, dan global.
Dengan standar kompetensi mata pelajaran BahasaIndonesia ini diharapkan:
peserta
didik dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan
minatnya, serta dapat menumbuhkan penghargaan terhadap hasil karya kesastraan
dan hasil intelektual bangsa sendiri;
guru dapat
memusatkan perhatian kepada pengembangan kompetensi bahasa peserta didik dengan
menyediakan berbagai kegiatan berbahasa dan sumber belajar;
guru lebih
mandiri dan leluasa dalam menentukan bahan ajar kebahasaan dan kesastraan
sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan peserta didiknya;
orang tua
dan masyarakat dapat secara aktif terlibat dalam pelaksanaan program kebahasaan
dan kesastraan di sekolah;
sekolah
dapat menyusun program pendidikan tentang kebahasaan dan kesastraan sesuai
dengan keadaan peserta didik dan sumber belajar yang tersedia;
daerah dapat
menentukan bahan dan sumber belajar kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan
kondisi dan kekhasan daerah dengan tetap memperhatikan kepentingan nasional.
B.
Tujuan
Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki
kemampuan sebagai berikut.
1.
Berkomunikasi secara
efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun
tulis
2.
Menghargai dan bangga
menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
3.
Memahami bahasa Indonesia
dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
4.
Menggunakan bahasa
Indonesia untuk meningkatkan kemampuan
intelektual, serta kematangan emosional dan sosial
5.
Menikmati dan
memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti,
serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
6.
Menghargai dan
membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia
Indonesia.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup
mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan berbahasa dan
kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.
Mendengarkan
2.
Berbicara
3.
Membaca
4.
Menulis.
Pada akhir
pendidikan di SMA/MA, peserta didik telah membaca sekurang-kurangnya 15 buku
sastra dan nonsastra.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
1. Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan
secara langsung /tidak langsung
|
1.1 Menanggapi siaran atau informasi
dari media elektronik (berita dan nonberita)
1.2 Mengidentifikasi
unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik) suatu cerita yang disampaikan secara langsung/melalui rekaman
|
Berbicara
2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi
melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita
|
2.1 Memperkenalkan diri dan orang lain di dalam forum resmi dengan intonasi yang tepat
2.2 Mendiskusikan masalah (yang ditemukan dari berbagai
berita, artikel, atau buku)
2.3 Menceritakan berbagai pengalaman dengan pilihan kata dan
ekspresi yang tepat
|
Membaca
3.
Memahami berbagai teks bacaan
nonsastra dengan berbagai teknik membaca
|
3.1 Menemukan ide pokok
berbagai teks nonsastra dengan teknik
membaca cepat (250 kata/menit)
3.2 Mengidentifikasi
ide teks nonsastra dari
berbagai sumber melalui teknik membaca
ekstensif
|
4.1 Menulis gagasan dengan
menggunakan pola urutan waktu dan
tempat dalam bentuk paragraf naratif
4.2 Menulis hasil observasi dalam
bentuk paragraf deskriptif
4.3 Menulis gagasan secara logis
dan sistematis dalam bentuk ragam paragraf
ekspositif
|
|
5.1 Mengidentifikasi unsur-unsur
bentuk suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman
Mengungkapkan isi suatu puisi yang
disampaikan secara langsung ataupun melalui
rekaman
|
|
Berbicara
6.
Membahas cerita pendek melalui kegiatan diskusi
|
6.1 Mengemukakan hal-hal yang menarik atau mengesankan dari cerita
pendek melalui
kegiatan diskusi
6.2 Menemukan nilai-nilai cerita pendek melalui kegiatan diskusi
|
Membaca
7. Memahami
wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan cerpen
|
7.1 Membacakan puisi dengan lafal,
nada, tekanan, dan intonasi yang tepat
7.2 Menganalisis keterkaitan unsur intrinsik
suatu cerpen dengan kehidupan sehari-hari
|
Menulis
8.
Mengungkapkan pikiran, dan
perasaan melalui kegiatan menulis puisi
|
8.1 Menulis puisi lama dengan memperhatikan bait,
irama, dan rima
8.2 Menulis puisi baru dengan
memperhatikan bait, irama, dan rima
|
2. Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
9. Memahami
informasi melalui tuturan
|
9.1 Menyimpulkan
isi informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung
Menyimpulkan
isi informasi yang didengar melalui tuturan tidak langsung
(rekaman atau teks yang dibacakan)
|
Berbicara
10. Mengungkapkan komentar terhadap informasi dari
berbagai sumber
|
10.1 Memberikan
kritik terhadap informasi dari media cetak dan
atau elektronik
Memberikan persetujuan/dukungan terhadap artikel
yang terdapat dalam media cetak dan atau elektronik
|
Membaca
11.
Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai
|
11.1 Merangkum seluruh
isi informasi teks buku ke dalam beberapa
kalimat dengan membaca
memindai
11.2 Merangkum seluruh
isi informasi dari suatu tabel dan atau grafik
ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai
|
12.1 Menulis
gagasan untuk mendukung suatu pendapat dalam bentuk paragraf argumentatif
12.2 Menulis
gagasan untuk meyakinkan atau mengajak pembaca bersikap atau melakukan
sesuatu dalam bentuk paragraf
persuasif
12.3 Menulis hasil
wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan
menggunakan ejaan yang tepat
12.4 Menyusun
teks pidato
|
|
13.1 Menemukan hal-hal yang menarik
tentang tokoh cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau melalui
rekaman
13.2 Menjelaskan hal-hal yang
menarik tentang latar cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau
melalui rekaman
|
|
Berbicara
14. Mengungkapkan pendapat terhadap puisi melalui diskusi
|
14.1 Membahas isi puisi berkenaan dengan gambaran
penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi melalui diskusi
14.2 Menghubungkan isi puisi dengan
realitas alam, sosial budaya, dan masyarakat melalui diskusi
|
Membaca
15.
Memahami sastra Melayu
klasik
|
15.1 Mengidentifikasi
karakteristik dan struktur unsur intrinsik sastra Melayu
klasik
15.2 Menemukan nilai-nilai yang
terkandung di dalam sastra Melayu klasik
|
Menulis
16.
Mengungkapkan
pengalaman diri sendiri dan orang lain ke dalam cerpen
|
16.1 Menulis karangan berdasarkan kehidupan diri sendiri dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar)
16.2 Menulis karangan berdasarkan pengalaman orang lain dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar)
|
3. Kelas XI, Semester
1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
1. Memahami
berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan wawancara
|
1.1 Menemukan pokok-pokok isi sambutan/ khotbah yang didengar
1.2
Merangkum
isi pembicaraan dalam wawancara
|
Berbicara
2. Mengungkapkan secara lisan informasi hasil membaca
dan wawancara
|
2.1 Menjelaskan secara lisan uraian topik
tertentu dari hasil membaca (artikel atau buku)
2.2
Menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan
narasumber terhadap
topik tertentu
|
Membaca
3.
Memahami ragam wacana tulis dengan membaca
intensif dan membaca nyaring
|
3.1 Menemukan
perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif
3.2 Membacakan berita dengan
intonasi, lafal, dan sikap membaca yang baik
|
Menulis
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk proposal,
surat dagang, karangan ilmiah
|
4.1 Menulis proposal untuk berbagai keperluan
4.2 Menulis surat dagang dan surat kuasa
4.3 Melengkapi karya tulis dengan daftar pustaka dan catatan kaki
|
Mendengarkan
5. Memahami pementasan drama
|
5.1 Mengidentifikasi
peristiwa, pelaku dan perwatakannya, dialog, dan konflik pada pementasan drama
5.2 Menganalisis pementasan drama berdasarkan teknik pementasan
|
Berbicara
6.
Memerankan
tokoh dalam pementasan drama
|
6.1 Menyampaikan dialog disertai
gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh
6.2 Mengekpresikan perilaku dan dialog tokoh
protogonis dan atau antagonis
|
Membaca
7. Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel
terjemahan
|
7.1 Menemukan unsur-unsur
intrinsik dan ekstrinsik hikayat
7.2 Menganalisis unsur-unsur
intrinsik dan ekstrinsik novel
Indonesia/terjemahan
|
Menulis
8.
Mengungkapkan infomasi melalui
penulisan resensi
|
8.1 Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan resensi
8.2 Mengaplikasikan prinsip-prinsip
penulisan resensi
|
4.
Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
9. Memahami pendapat
dan informasi dari berbagai sumber
dalam diskusi atau seminar
|
9.1 Merangkum isi
pembicaraan dalam suatu diskusi atau seminar
9.2 Mengomentari
pendapat seseorang dalam suatu diskusi atau seminar
|
Berbicara
10. Menyampaikan laporan hasil penelitian dalam diskusi
atau seminar
|
10.1 Mempresentasikan
hasil penelitian secara runtut dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar
10.2 Mengomentari tanggapan orang lain terhadap
presentasi hasil penelitian
|
Membaca
11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca cepat dan
membaca intensif
|
11.1 Mengungkapkan pokok-pokok isi teks
dengan membaca cepat 300 kata per menit
11.2 Membedakan fakta dan opini pada editorial
dengan
membaca intensif
|
Menulis
12. Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman/ringkasan, notulen rapat, dan karya ilmiah
|
12.1 Menulis rangkuman/ringkasan isi buku
12.2 Menulis
notulen rapat sesuai dengan pola penulisannya
12.3 Menulis
karya ilmiah seperti hasil pengamatan, dan
penelitian
|
Mendengarkan
13. Memahami pembacaan cerpen
|
13.1 Mengidentifikasi
alur, penokohan, dan latar dalam cerpen yang dibacakan
13.2 Menemukan nilai-nilai dalam cerpen
yang dibacakan
|
Berbicara
14. Mengungkapkan wacana sastra dalam bentuk pementasan
drama
|
14.1 Mengekspresikan dialog para tokoh
dalam pementasan drama
14.2 Menggunakan gerak-gerik, mimik, dan intonasi, sesuai dengan watak
tokoh dalam pementasan drama
|
Membaca
15. Memahami buku biografi, novel, dan hikayat
|
15.1 Mengungkapkan
hal-hal yang menarik dan dapat diteladani dari tokoh
15.2 Membandingkan
unsur intrinsik
dan ekstrinsik novel Indonesia/
terjemahan dengan hikayat
|
Menulis
16.
Menulis naskah drama
|
16.1 Mendeskripsikan perilaku manusia melalui
dialog naskah drama
16.2 Menarasikan pengalaman
manusia dalam bentuk adegan dan latar
pada naskah drama
|
5.
Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
1.
Memahami
informasi dari berbagai laporan
|
1.1 Membedakan antara fakta dan opini dari berbagai laporan lisan
1.2 Mengomentari berbagai laporan lisan dengan memberikan
kritik dan saran
|
Berbicara
2.
Mengungkapkan gagasan, tanggapan, dan
informasi dalam diskusi
|
2.1 Menyampaikan
gagasan dan tanggapan dengan alasan yang logis dalam diskusi
2.2 Menyampaikan
intisari buku nonfiksi dengan menggunakan
bahasa yang efektif dalam
diskusi
|
Membaca
3.
Memahami
artikel dan teks pidato
|
3.1 Menemukan ide pokok dan permasalahan dalam artikel
melalui kegiatan membaca intensif
3.2 Membaca
nyaring teks pidato dengan intonasi
yang tepat
|
Menulis
4.
Mengungkapkan
infomasi dalam bentuk surat dinas, laporan, resensi
|
4.1 Menulis
surat lamaran pekerjaan berdasarkan
unsur-unsur dan struktur
4.2 Menulis surat
dinas berdasarkan isi, bahasa, dan format yang baku
4.3 Menulis
laporan diskusi dengan melampirkan notulen dan
daftar hadir
4.4 Menulis resensi
buku pengetahuan berdasarkan format baku
|
Mendengarkan
5.
Memahami pembacaan novel
|
Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal,
intonasi, dan penghayatan
Menjelaskan unsur-unsur intrinsik dari
pembacaan penggalan novel
|
Berbicara
6.
Mengungkapkan pendapat tentang pembacaan
puisi
|
6.1 Menanggapi
pembacaan puisi lama tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
6.2 Mengomentari
pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
|
Membaca
7.
Memahami
wacana sastra puisi dan cerpen
|
7.1 Membacakan puisi karya sendiri dengan lafal,
intonasi, penghayatan dan ekspresi yang sesuai
7.2 Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen
|
Menulis
8.
Mengungkapkan pendapat, informasi, dan
pengalaman dalam bentuk resensi dan cerpen
|
8.1 Menulis
resensi buku kumpulan cerpen berdasarkan unsur-unsur resensi
8.2 Menulis
cerpen berdasarkan kehidupan orang
lain (pelaku, peristiwa, latar)
|
6. Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
9. Memahami informasi dari berbagai sumber yang
disampaikan secara lisan
|
9.1 Mengajukan
saran perbaikan tentang informasi yang
disampaikan secara langsung
9.2 Mengajukan
saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan melalui radio/televisi
|
Berbicara
10. Mengungkapkan
informasi melalui presentasi program/proposal dan pidato tanpa teks
|
10.1 Mempresentasikan program kegiatan/proposal
10.2 Berpidato tanpa teks dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat
|
Membaca
11. Memahami
ragam wacana tulis melalui kegiatan
membaca cepat dan membaca intensif
|
11.1 Menemukan ide pokok suatu teks dengan membaca
cepat 300-350 kata per menit
11.2
Menentukan kalimat
kesimpulan (ide pokok) dari berbagai pola paragraf induksi, deduksi dengan membaca intensif
|
Menulis
12 Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan berpola
|
12.1 Menulis karangan berdasarkan
topik tertentu dengan pola pengembangan deduktif dan induktif
12.2 Menulis esai berdasarkan
topik tertentu dengan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
|
Mendengarkan
13
Memahami pembacaan teks drama
|
13.1 Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang dididengar melalui pembacaan
13.2 Menyimpulkan isi drama melalui
pembacaan teks drama
|
Berbicara
14
Mengungkapan
tanggapan terhadap pembacaan puisi lama
|
14.1 Membahas ciri-ciri dan nilai-nilai yang
terkandung dalam gurindam
14.2 Menjelaskan keterkaitan gurindam dengan kehidupan
sehari-hari
|
Membaca
15
Memahami
buku kumpulan puisi kontemporer dan
karya sastra yang dianggap penting pada tiap periode
|
15.1 Mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisi kontemporer melalui
kegiatan membaca buku kumpulan puisi komtemporer
15.2 Menemukan perbedaan karakteristik angkatan melalui membaca karya sastra yang dianggap penting pada
setiap periode
|
Menulis
16
Mengungkapkan pendapat dalam bentuk kritik dan esai
|
16.1 Memahami prinsip-prinsip penulisan kritik
dan esai
16.2 Menerapkan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai untuk mengomentari karya sastra
|
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi
dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi
pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu
memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
sangat bermanfaat om.
BalasHapusmampir balik om http://ilmuhackerindo.blogspot.com/
oke gan, terimasih sudah berkunjung. langsung cek TKP
BalasHapusCasinos near Casino Wylde, Northfield in Northfield, CT
BalasHapusFind 상주 출장마사지 casinos near Casino Wylde in Northfield, Northfield, CT. 삼척 출장마사지 Check reviews 서산 출장마사지 of 익산 출장안마 Casinos Near Casino Wylde 오산 출장마사지 in Northfield, Connecticut.