Selasa, 09 Oktober 2012

Pengertian Kohesi dan Koherensi

Kohesi dan koherensi merupakan syarat utama kewacanaan atau tekstualitas, Keduanya merupakan konsep kepaduan. Pengertian Kohesi adalah Keterpaduan Bentuk sedangkan koherensi adalah Kepaduan Makna. Teks atau wacana yang kohesif berarti setiap unsur lahirnya terpadu secara internal dalam satuan teks tersebut. Tegasnya, setiap komponen teks lahir, misalnya kata aktual yang didengar atau dibaca, saling terhubung dalam rangkaian. Unsur-unsur komponen lahirnya harus saling tergantung. Jadi, kehadiran yang satu serasi dengan kehadiran yang lain baik bentuk maupun distribusinya. Contoh lain dari unsur teks lahir adalah wujud tata bahasanya atau unsur-unsur konvensi lain (kesepakatan terkadang diwujudkan dalam aturan tertulis).


Perbedaan antara kohesi dan koherensi pada sesuatu yang terpadu atau yang berpadu. Pada kohesi, yang terpadu adalah unsur-unsur lahiriah teks, termasuk struktur lahir (tata bahasa). Penggalan teks percakapan dua orang berikut dapat dijadikan contoh.

“Hei, apa kabar?” “Oh, kamu. Kabar baik. Tinggal di mana? Masih di tempat yang dulu?” “Iya, di situlah saya tinggal sampai sekarang.” 

Semua unsur lahir dalam penggalan teks tersebut terpadu, baik secara leksikal maupun gramatikal. Sementara itu, keberpaduan atau koherensi mengharuskan unsur-unsur batinnya (makna, konsep, dan pengetahuan) saling berpadu. Misalnya, ujar “apa kabar” biasanya digunakan oleh orang yang sudah saling kenal dan relative (hubungan kerabat) sudah agak lama tidak saling jumpa. Pembicara pertama mengujarkannya kepada yang kedua dan yang kedua menyambut dengan akrab dan mengisyaratkan pemahaman bahwa mereka sudah lama tidak saling jumpa. Apa lagi, pengujar tersebut melanjutkan dengan ujaran berikutnya, yang memperkuat tafsiran bahwa dia merasa sudah lama tidak jumpa dengan pengujar pertama.


Contoh Koherensi

Buku merupakan investasi masa depan. Buku adalah jendela ilmu pengetahuan yang bisa membuka cakrawala seseorang. Dibanding media pembelajaran audiovisual, buku lebih mampu mengembangkan daya kreativitas dan imajinasi anak-anak karena membuat otak lebih aktif mengasosiasikan simbol dengan makna. Radio adalah media alat elektronik yang banyak didengar di masyarakat. Namun demikian, minat dan kemampuan mambaca tidak akan tumbuh secara otomatis, tetapi harus melalui latihan dan pembiasaan. Menciptakan generasi literat membutuhkan proses dan sarana yang kondusif.

Paragraf di atas dikatakan tidak koheren karena terdapat satu kalimat yang melenceng dari gagasan utamanya yaitu kalimat yang dicetak tebal.

Contoh Kohesi

Pada tahun 1997, produksi padi turun 3,85 persen. Impor beras meningkat, diperkirakan menjadi 3,1 ton tahun 1998. swasembada pangan tercapai pada tahun 1984, pada tahun 1985, kita mengekspor sebesar 371,3 ribu ton beras, bahkan 530,7 ribu ton pada tahun 1993. pada tahun 1994, neraca perdagangan beras kita tekor 400 ribu ton. Impor beras meningkat dan pada tahun 1997 mencapai 2,5 juta ton.

Paragraf di atas mengemukakan satu gagasan utama, yaitu mengenai masalah naik turunnya produksi beras Indonesia. Dengan demikian koherensi kalimat tersebut sudah terpenuhi, namun paragraf tersebut dikatakan tidak memiliki kohesivitas yang baik sehingga gagasan tersebut sulit dipahami. Paragraf tersebut perlu diperbaiki, misalnya dengan memberikan kata perangkai seperti berikut ini.
Pada tahun 1997, produksi padi turun 3,85 persen. Akibatnya, impor beras meningkat, diperkirakan menjadi 3,1 ton tahun 1998. Sesudah swasembada pangan tercapai pada tahun 1984, pada tahun 1985, kita mengekspor sebesar 371,3 ribu ton beras, bahkan 530,7 ribu ton pada tahun 1993. Akan tetapi, pada tahun 1994, neraca perdagangan beras kita tekor 400 ribu ton. Sejak itu, impor beras meningkat dan pada tahun 1997 mencapai 2,5 juta ton.

39 komentar:

  1. thx........ materi ini sanggaddd membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwk sangat lucu... contoh paragraf kohesi di kopi paste saja oleh bloger-bloger ini.. gud lanjutkan ketidakproduktivitas kalian..

      Hapus
  2. thanks :)
    mudah dipahami :)

    BalasHapus
  3. whoa, makasih, jd bs bljr bhs.indonesia, lol

    BalasHapus
  4. makasih yach,,,posting anda sangat bermanfaat ,,terlebih kusus buat sepupu saya yang akan ujian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdullilah jika bermanfaat. semoga yang sedang ujiaan diberi kelancaran dan mendapat nilai baik. amiin

      Hapus
  5. Maaf... tapi begini masih kurang lengkap bagi saya Mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. manusia tempatnya salah dan kurang kak. silakan untuk ditambahkan jika Anda lebih memahami :) kakak penulis sudah berusaha sesuai kemampuannya ;)

      Hapus
  6. .terimakasih info.nya gan !!!!!!!!!!!
    .materinya bagus, tapi maaf saya masih bingung tolong diperjelas lagi materi.nya :)

    BalasHapus
  7. Makasih sudah membantu memberikan pencerahan ttg kohesi

    BalasHapus
  8. Ok terimakash sangat membantu

    BalasHapus
  9. Mudah di pahami dan sangat membantu sekali ^_^

    BalasHapus
  10. Kesimpulan yg paragraf buku merupakan investasi masa depan apa yaaa,pls jwb:))

    BalasHapus