Minggu, 23 September 2012

Tips ampuh untuk kesehatan kulit



Haluskan wajah
Bahan-bahan yang bisa digunakan untuk menghaluskan wajah diantaranya: wortel, bunga kenanga, temu giring, kulit jeruk purut.
Resep 1:
2-3 wortel dikupas, dicuci, lalu parut, dan diperas airnya. Oleskan kewajah. Bisa juga setelah diparut langsung ditempelkan kewajah sebagai masker, sampai kering.
Resep 2:
Sediakan 5 kuntum bunga kenanga, 5 rimpang temu giring, dan 1 buah kulit jeruk perut. Semua bahan dicuci bersih, tumbuk halus, peras, dan saring. Airnya oleskan pada wajah dan biarkan beberapa saat, lalu dibilas.

Jerawat
Jerawat muncul akibat tersumbatnya saluran minyak folikel (selubung) rambut oleh lemak mati yang sering disebut komedo, sehingga lemak terbendung, mengental, dan akhirnya memadat yang makin lama makin membesar dan muncul di permukaan kulit yang kemudian dikenal orang dengan jerawat.
Mengapa jerawat banyak dialami kaum remaja terutama yang memiliki jenis kulit berminyak? Hal ini tidak disebabkan hasrat seksual yang terpendan sebagaimana banyak terjadi pada remaja, namun tiada lain karena produktifitas hormon meningkat pesat pada usia remaja. Namun perlu diketahui kemunculan jerawat tak hanya karena faktor hormonal saja. Khususnya bagi yang berkulit berminyak dianjurkan menghindari makanan yang kandungan lemaknya tinggi.
Resep 1:
Dengan menggunakan belimbing wuluh, ada dua cara:
Pertama: 3 buah belimbing wuluh segar dicuci bersih, diparut dan diberi sedikit garam. Tempelkan pada kulit yang berjerawat. Lakukan 2 kali sehari.
Kedua: 3 belimbing wuluh diparut, remas, beri garam, gosokkan kejerawat.
Resep 2:
Jemur 2-3 helai daun pepaya yang sudah tua, lumatkan sambil diberi air, peras. Oleskan sarinya pada jerawat.
Resep 3:
1 jeruk nipis dicuci, iris. Gosokkan pada kulit wajah.

Bedak Jerawat
Resep bedak jerawat ini tak hanya mengobati jerawat namun juga untuk menghaluskan, mengencangkan, sekaligus membersihkan kulit wajah. Cara membuatnya:
Sediakan tepung beras 500 gr, kencur 25 gr, kayu manis 50 gr, temu giring 50 gr, biji pinang 50 gr, mesoyi 50 gr. Kencur dan temu giring dikupas dan dicuci dulu, lalu ditumbuk halus bersama dengan bahan-bahan lain. Bikin bulatan kecil-kecil sebesar kelereng, jemur sampai kering. Pemakaiannya sebagaimana masker, dikenakan ke seluruh wajah. Namun lebih bagus lagi jika air yang dipakai untuk mengaduk bedak adalah air jeruk nipis secukupnya (tidak air biasa).

Bekas Jerawat
1-2 daun lidah buaya diambil lendirnya, diaduk dengan tepung beras (bedak) dingin sampai kental. Oleskan kebekas jerawat. Biarkan setidaknya selama 30 menit, baru dibilas.

Kulit Bersisik
1 buah mengkudu masak diremas lalu digosokkan pada kulit yang bersisik, diamkan 15 menit, lalu dicuci dengan air hangat.

Tumit Pecah-pecah
Resep 1:

Getah pepaya muda digosokkan ke tumit yang pecah-pecah, biarkan ¼ jam, lalu cuci. Lakukan sekali sehari.
Resep 2:
Kulit kayu kamboja ditumbuk dan air perasannya dioleskan pada tumit yang pecah-pecah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar